Penjelasan Mengenai Planet Bumi

gambar bumi

Planet yang kita tempati saat ini adalah planet ketiga dari Matahari dan satu-satunya tempat yang kita ketahui sejauh ini yang dihuni makhluk hidup. Sementara Bumi hanya planet terbesar kelima di tata surya. Hanya sedikit lebih besar dari Venus di dekatnya dan Bumi adalah yang terbesar dari empat planet terdekat dengan Matahari, yang semuanya terbuat dari batu dan logam.

Ukuran dan Jarak

Dengan radius 6.371 kilometer, Bumi adalah yang terbesar dari planet-planet terrestrial dan planet kelima terbesar secara keseluruhan. Dari jarak rata-rata 150 juta kilometer, Bumi adalah persis satu unit astronomi dari Matahari karena satu unit astronomi (disingkat AU), adalah jarak dari Matahari ke Bumi. Diperlukan sekitar delapan menit bagi cahaya dari Matahari untuk mencapai planet kita.

Orbit dan Rotasi

Saat Bumi mengorbit Matahari, ia menyelesaikan satu rotasi setiap 23,9 jam. Dibutuhkan 365,25 hari untuk menyelesaikan satu perjalanan mengelilingi Matahari. Agar kalender tahunan konsisten dengan orbit di sekitar Matahari, setiap empat tahun maka akan ditambah satu hari. Hari itu disebut hari kabisat, dan tahun yang ditambahkan itu disebut tahun kabisat.

Struktur

Bumi terdiri dari empat lapisan utama, dimulai dengan inti dalam di pusat planet yang diselimuti oleh inti luar, mantel dan kerak.

–          Inti bagian dalam adalah bola padat yang terbuat dari besi dan logam nikel dengan radius sekitar 1.291 kilometer dengan suhu yang mencapai 5.400 derajat Celsius.

–           inti luar lapisan yang mengelilingi inti luar dengan tebal sekitar 2.300 kilometer, terbuat dari zat besi dan cairan nikel.

–          mantel yang merupakan lapisan paling tebal. Campuran batuan cair yang panas dan kental ini memiliki ketebalan sekitar 2.900 kilometer dan memiliki konsistensi karamel.

–          Lapisan terluar, kerak bumi, rata-rata kedalamannya 30 kilometer. Di dasar samudera, kerak bumi lebih tipis dan memanjang sekitar 5 kilometer dari dasar laut ke puncak mantel.

Pembentukan

Ketika tata surya menetap di tata ruang saat ini sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu, Bumi terbentuk ketika gravitasi menarik gas dan debu yang berputar untuk menjadi planet ketiga dari Matahari. Seperti planet terestrial lainnya, Bumi memiliki inti pusat, mantel berbatu, dan kerak bumi yang kokoh.

Permukaan

Seperti Mars dan Venus, Bumi memiliki gunung berapi, gunung, dan lembah. Litosfer bumi, yang meliputi kerak (baik benua dan samudera) dan mantel atas, dibagi menjadi lempeng-lempeng besar yang terus bergerak. Sebagai contoh, lempeng Amerika Utara bergerak ke barat di atas cekungan Samudra Pasifik, kira-kira dengan laju yang sama dengan pertumbuhan kuku kita. Gempa bumi terjadi ketika lempeng-lempeng saling bertabrakan, naik satu sama lain, bertabrakan untuk membuat gunung, atau terbelah dan terpisah.

Samudra global Bumi, yang mencakup hampir 70 persen permukaan planet, memiliki kedalaman rata-rata sekitar 2,5 mil (4 kilometer) dan mengandung 97 persen air Bumi. Hampir semua gunung berapi di Bumi tersembunyi di bawah lautan ini. Gunung Mauna Kea di Hawaii lebih tinggi dari pangkalan ke puncak daripada Gunung Everest, tetapi sebagian besar di bawah air. Pegunungan terpanjang di bumi juga berada di bawah air, di dasar samudra Arktik dan Atlantik dimana empat kali lebih panjang dari gabungan Andes, Rockies dan Himalaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *