Sejarah Kota Malang, Arti Nama Beserta Asal-usulnya

Hasil gambar untuk kota malang

Sejarah Kota Malang – Di Provinsi Jawa Timur ada kota terbesar kedua setelah Surabaya, yaitu Kota Malang. Kota sejuk ini terletak 90 km selatan Surabaya dan dikelilingi oleh Kabupaten Malang.

Asal usul nama Malang

Disini kami akan membahas tentang asal usul nama kota malang, namun anda juga bisa mengunjungi web toriqa.com untuk mendapatkan informasi secara lebih lengkap.

Nama “Malang” sendiri masih dipelajari dan diperiksa asal-usulnya oleh para sejarawan. Berbagai sumber terus digali untuk mendapatkan jawaban yang paling tepat mengenai asal usul nama “Malang”.

Miskin Berasal dari Nama Bangunan Suci

Tentu saja banyak penelitian telah menghasilkan beberapa hipotesis, termasuk nama “Malang” yang berasal dari Malangkucecwara. Kita dapat menemukan kalimat itu dalam lambang Kota Malang itu sendiri.

Menurut para ahli, Malangkucecwara adalah nama bangunan suci. Hipotesis ini dibuat karena nama bangunan suci telah ditemukan dalam prasasti Raja Balitung (berasal dari Jawa Tengah), yaitu prasasti Mantyasih yang ditulis tahun 907 dan 908.

Malang Diambil dari nama Puncak Gunung

Hipotesis lain menyatakan bahwa nama “Malang” diambil dari sebuah gunung di kota barat Malang yang juga bernama Malang.

Salah satu puncak gunung di pegunungan yang membentang di sebelah timur Malang juga bernama Malang.

Miskin Berasal dari Nama Desa

Selain itu, di utara Kota Malang, tepatnya di Tumpang ada sebuah desa yang telah lama disebut Malangsuka yang dianggap berasal dari kata Malankuca.

Di daerah itu juga ada banyak peninggalan bersejarah seperti Candi Kidal dan Candi Jago.

Malang Diambil dari Jawa

Hipotesis berikutnya menjelaskan bahwa nama “Malang” berasal dari kata dalam bahasa Jawa Jawa yang berarti “Blocking” atau “Berdebat”.

Dalam sejarah dikatakan bahwa Sunan Mataram memiliki keinginan untuk memperluas pengaruhnya ke daerah-daerah di Jawa Timur.

Sementara di daerah Malang, penduduk asli melakukan perang besar untuk menghalangi keinginan Sunan Mataram. Sejak itu ia telah memanggil daerah Malang.

Sejarah Kota Malang

Mirip dengan sebagian besar kota-kota lain di Indonesia, Kota Malang mengalami kemajuan dan berkembang pesat setelah Hindia Belanda memimpin di daerah tersebut.

Semua fasilitas pada waktu itu dirancang dengan cermat sehingga kebutuhan keluarga Belanda terpenuhi. Lihat saja kemegahan rumah di Jalan Ijen dan akses mudah dari mana saja ke mana saja di Malang.

Sementara penduduk asli harus tinggal di pinggiran kota Malang dengan fasilitas yang tidak memadai yang sangat berbeda dari fasilitas yang diterima oleh kolonial Belanda.

Pada 1767 Malang dimasukkan oleh Perusahaan Hindia Belanda.

Pada 1821 Pemerintah Belanda memusatkan posisinya di sekitar Sungai Brantas.

Malang Memiliki Asisten Residen pada tahun 1824.

Bagian barat kota mulai membangun rumah dan pembangunan City Square dimulai pada 1882.

Pada 1 April 1914 Malang ditetapkan sebagai Kotapraja.

Jepang menduduki Malang pada 8 Maret 1942.

Malang secara resmi terdaftar sebagai Wilayah Republik Indonesia pada 21 September 1945.

Belanda kembali menduduki Malang pada 22 Juli 1947.

Pada 2 Maret 1947, Malang kembali dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Pada 1 Januari 2001 Pemerintah Kota Malang diresmikan.

Julukan untuk Kota Malang

kota pendidikan yang kurang beruntung

ninozulfikar.blogspot.com

Sebagai salah satu kota besar dan penuh sejarah, Malang memiliki beberapa nama panggilan terkenal, yaitu:

Kota Pendidikan

Biaya hidup yang terjangkau dan ratusan institusi pendidikan baik negeri maupun swasta membuat Malang dijuluki Kota Pendidikan.

Apple City

Malang masih dikenal sebagai Kota Apel, meskipun wilayah Batu yang merupakan penghasil utama apel di Malang telah terpisah dan menjadi kotanya sendiri.

Paris van Jawa Timur

Tidak ada salahnya Malang disebut Paris Jawa Timur. Malang memiliki udara sejuk, kota yang bersih dan banyak bangunan peninggalan Belanda yang bisa kita lihat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *